SETIAP orang tentu selalu ingin menjadi lebih cerdas dari saat ini. Kebiasaan-kebiasaan sehat berikut dapat menunjang peningkatan kualitas otak Anda.

Jangan pernah berpikir bahwa kecerdasan merupakan suatu hal bawaan lahir yang tidak akan pernah dapat diperbaiki. Itu adalah mitos yang perlu koreksi.

Anda dapat meningkatkan kecerdasan otak jika tahu caranya. Berikut beberapa hal yang membantu Anda meningkatkan kualitas otak dan membuat Anda tetap dalam kondisi kerja yang baik, sebagaimana dilansir Boldsky.

Cukup tidur dan istirahat

Tidur dan istirahat tidak selalu identik satu sama lain. Anda bisa saja bangun dalam keadaan tidak segar, meski telah tidur selama delapan jam. Padahal, seharusnya ketika Anda tidur, tubuh Anda benar-benar beristirahat dan merasakan segar setelahnya.

Jika Anda tidak segar saat bangun tidur, maka Anda tidak akan dapat berkonsentrasi terhadap apa pun. Pada saat itulah, Anda berada di tingkat kecerdasan terendah saat merasa lelah.

Oleh karenanya, pastikan waktu tidur Anda cukup dan Anda memiliki waktu tidur yang berkualitas.

Jangan biarkan sepatu olahraga menganggur terlalu lama

Umumnya para pekerja akan bangun lebih siang saat libur akhir pekan. Padahal waktu berlibur dapat digunakan untuk berolahraga, karena hari kerja Anda sangat padat.

Olahraga dapat meningkatkan stamina yang otomatis turut serta meningkatkan kecerdasan otak Anda. Jadi, jangan biarkan rasa malas dan kelesuan mematri tubuh Anda karena akan menonaktifkan pikiran. Setidaknya, manfaatkan hari libur untuk berolahraga seperti jogging di pagi hari.

Jangan jadi pecandu tayangan televisi

Sulit untuk disangkal bahwa banyak tayangan televisi yang membuat otak kita terlena dengan sajian-sajian acara yang justru menumpulkan otak. Misalnya, drama serial televisi yang banyak menyajikan hal-hal konyol kepada Anda setiap hari.

Pasalnya, pikiran layaknya pisau. Jika Anda berhenti menggunakannya, ujung-ujungnya kehilangan ketajaman mereka.

Konsumsi makanan pengasah otak

Saat ini, banyak orang yang hanya tertarik pada makanan yang dapat membantu menurunkan berat badan. Lantas, bagaimana dengan makanan yang dapat membantu mengasah ketajaman otak?

Almond, kacang-kacangan, biji-bijian, telur, dan ikan laut merupakan beberapa makanan otak terbaik yang tersedia untuk Anda. Makanan-makanan tersebut pun dapat masuk ke dalam diet rendah kalori Anda.

Tantang diri Anda

Anda mungkin sudah merasa luar biasa dalam hal kecerdasan intelektual. Tetapi tetap tidak pernah puas dengan kecerdasan Anda. Untuk meningkatkan kualitas otak, Anda harus terus-menerus menantang diri. Cara paling menyenangkan dengan bermain teka-teki, permainan kata, dan permainan memori.

Namun, pada dasarnya Anda perlu meningkatkan kecerdasan dengan memiliki gaya hidup sehat yang energik. (ina)

Advertisements