Istilah ekologi diperkenalkan oleh Ernest Haeckel (1869), berasal dari bahasa Yunani, yaitu Oikos (tempat tinggal) dan logos (ilmu, telaah). Oleh karena itu ekologi adalah ilmu yang mempelajari hubungan timbal balik antara makhluk hidup dengan sesamanya dengan lingkungannya.

RelungEkologi (Niche)
Relungekologi (ecological niche), merupakan terminologi yang lebihinklusif, yang tidakhanyameliputiruang/tempat yang ditinggaliorganisme, tetapijugaperanannyadalamkomunitas, misalkedudukanpadajenjang (trofik) makanandanposisinyapada gradient lingkungan yaitutemperatur, kelembaban, pH, tanahdankondisi lain yang ada.
Relung ekologi menyangkut tempat tinggal, apa yang diperbuat dan bagaimana jenis lain menjadi kendala baginya. Relungekologisuatuorganismetidakhanyatergantung di manaorganismetadihidup, tetapijugapadaapa yang dilakukanorganisme (misalbagaimanaorganismemengubahenergi, bertingkahlaku, bereaksi, mengubahlingkunganfisikmaupunbiologi) danbagaimanaorganismedihambatolehspesies lain.
Relung ekologi menyangkut tempat tinggal, apa yang diperbuat dan bagaimana jenis lain menjadi kendala baginya.
Secara umum Pakan Ikan dikelompokkan kedalam 3 kelompok :

1. Pakan alami

Adalah pakan yang yang berasal dari alam dan sudah tersedia dari alam. Contohnya : Pakan alami dari jenis zooplankton : Tubipex, artemia, Daphnia dan lain – lain. Sedangkan pakan alami dari jenis Fytoplankton adalah spyrogyra, Zygnema, scenedesmus dan Coelastrum.

2. Pakan Buatan

Adalah pakan yang dibuat oleh manusia.Pakanada yang berbentukpellet, Crumble, tepung, danemulsi.

3. Pakan tambahan

adalah pakan yang diberikan sebagai tamnbahan untuk ikan. Contohnya ; seperti dedak, tepung terigu, makanan sisa rumah tangga, dan lain – lain.

Advertisements