Jadilah pembaca dan pengcopy yang baik dengan mencantumkan sumber yang anda ambil . budayakan tidak untuk menjadi plagiat/plagiator. terima kasih sudah berkunjung dan beretika dalam berblog.

(Elfian Permana)

Ikan blackghost merupakan ikan seperti hantu takut akan sinar matahari, seperti hantu yang biasanya keluar malam hari.hehe. oleh sebab itu untuk menyamankan ikan terebut seperti yang dia inginkan harus membuat tempat persembunyian yang paling nyaman dan aman. Bisa menggunakan peralon/pipa air berukuran 10 cm – 15 cm. tidak hanya itu ikan black ghost juga mempunyai daya tahan yang cukup hebat. Bayangkan 1 bulan air akuarium saya tidak di cuci masih hidup dia, akan tetapi itu jangan di tiru karena tidak sesuai dengan keamanan dan kenyamanan makluk hidup air dalam lingkungannya.

Langsung saja jika anda ingin budidaya ikan blackghost atau mengawinkannya, ini di ambil dari pengalaman saya dan beberapa sumber dari balai pembenihan sukabumi dan teman – teman blog lainnya. Tapi tenang saja ini lebih banyak dari pengalaman saya, dan dijamin insya allah sukses.

Pertama – tama yang agan harus lakukan dalam pemijahan, mau peliharaan dulu sampai indukan atau langsung beli indukan. Pastinya jarang jika yang jual indukan jadi kita bahas terlebih dahulu yaitu dari pemeliharaannya dulu oke gan? Siipp.

 

Pertama persiapan Wadah

Persiapan wadah sangat penting gan, terutama wadah itu jika jelek maka banyak sarang penyakit yang mungkin menyerang ikan anda. Tahap yang dilakukan dalam persiapan wadah adalah

  1. Berapa ikan yang anda pelihara

Isi ikan mempengaruhi besar akuarium dan oksigen terlarut dalam air tersebut (biasa mahasiswa gan agak keritis omongannya tapi insya allah ilmunya bermanfaat). Ikan black ghost hanya mampu berisi 2 ekor per 20 x 10 x 10 cm. dan itu pertu aerator untuk menyuplai oksigen, karena pada saat di aquarium air menyebabkan jenuh dan banyak yang oksigen yang terbang ke atas maksudnya mengguap gan, dan sisa oksigen di air dipakai ikan tersebut gan sehingga ikan meggap – meggap engga karuan dah gan. Jadi uahakan targetkan aquarium yang seperti tadi jika ingin di tambahkan ya gedein lagi aquariumnnya, keluar modal dikit lah jangan pelit – pelit.

  1. Siapkan air yang aman

Pasti dari judulnya aneh, ko air yang aman? Dikasih satpam atau polisi. Hehe. Maksudnya aman yaitu terhindar dari berbagai macam penyakit dan hama lainnya yang menggangu perkembangan black ghost tersebut.

  1. Endapkan terlebih dahulu sebelum dipakai untuk ikan minimal 1 – 2 hari itu jika pakai air PAM. Jika tidak mau di endpkan pakai air minum mineral haha.
  2. Jika agan abis beli dari took aquarium terdekat dan termurah di seluruh Indonesia, sebelum dimasukan ke aquarium harus di aklimatisasi terlebih dahulu (loh apa itu? Bahasa perikanan itu.hehe) aklimatisasi merupakan penyamaan atau pensetaraan suhu air di aquarium dan air yang ada di kantong plastik jika akan belinya pake kantong plastik. Karena suhu air di aquarium dan suhu air yang agan beli agak berbeda pasti. Jadi biarkan ikan dan plastiknya di taruh di aquarium jangan di buka plastiknya tunggu sampai 30 menit lah.
  3. Gunakan aerator untuk menyuplai oksigen, karena air pasti jenuh. Ya jenuh lah orang diem aja airnya coba kasih main game PS pasti seneng.haha. kembali ke topik pemberian aerator untuk menyuplai oksigen ke dalam aquarium di sebut oksigen terlarut begitulah.
  4.  Berikan tempat markas untuk black ghost maksudnya bersembunyi karena blackghost tidak menyukai cahaya.

 

 

  1. Siapkan pakan / makanan

Pakan merupakan peran penting untuk pertumbuhan ikan jadi. Pemberian pakan harus baik dan benar dalam nutrisi dan jumlah.

Pakan blck ghost larva gunakan artemia dank utu air. Jangan pakai artemia mahal. Pakai kutu air atau telur yang di rebus jangan pakai nasi atau pun ayam karena bukan manusia.haha

Untuk 2 minggu ++ gunakan cacing rambut atau pakan yang kecil – kecil yang dijual banyak dipasaran. Untuk ukuran induk atau calon dikawinkan harus diberikan makanan bergizi dan lezat, berikan pakan alami berupa cacing rambut dan pakan pelet yang biasa banyak di aquarium . harus pakai pakan alami seperti cacing karena hal itu cacing banyak kandungan nutria yang baik untuk si anak nanti.

Harus diingat pemberian pakan jangan berlebihan karena dapat merusak keindahan dan kebersihan aquarium juga dapat menjadi racun bagi siikan tersebut,

Pemberian pakan jangan sekaligus banyak karena dapat mengotori air tersebut.

Pemberianpakan sebaiknya sedikit demisedikit. Pakan berikan sedikit jika sudah di makan di kasih sedikit lagi. Jangan terlalu banyak juga bahaya..!!!

 

Ini saya ambil dari web bbat sukabumi hampir sama pemijahan yang saya lalukan dengan bbat ini. Bisa di simak oleh agan semua selamat menyimak.

 

1.1. Pemeliharaan Induk

 

Perbedaan jantan dan betina ikan dewasa terutama dapat dilihat dari panjang dagunya (jarak antara ujung mulut dengan tutup insang). Pada ikan jantan, dagunya relatif lebih panjang dibandingkan dengan ikan betina. Ikan jantan relatif lebih langsing dibandingkan dengan ikan betina yang mempunyai bentuk perut yang gendut. Pada induk jantan dewasa, terdapat cairan putih (sperma) apabila diurut bagian perutnya. Induk Black Ghost dapat matang telur setelah berumur sekitar satu tahun dengan panjang + 15 cm.

 

Induk betina dan jantan dipelihara dalam satu wadah berupa akuarium berukuran ( 80 x 40 x 50 ) cm, yang dilengkapi dengan instalasi aerasi dengan pakan berupa ‘Blood Warm’ yang diberikan dengan frekuensi 3 kali/hari secara (ad libitum).

 

Pergantian air harus dilakukan setiap hari untuk membuang kotoran-kotoran yang terdapat di dasar akuarium dan menjaga kualitas media pemeliharaan.

 

1.2. Pemijahan

 

Pemijahan dilakukan secara masal di dalam akuarium yang sekaligus sebagai tempat pemeliharaan induk. Perbandingan induk betina dan jantan adalah 2 : 1. Pada wadah pemijahan tersebut, ditempatkan baki plastik berukuran ( 30x20x7 )cm yang diisi dengan batu sebagai tempat penempelan telur dan pada bagian tengah baki ditutup dengan baki berlubang (20x15x10) cm untuk melindungi telur dari pemangsaan induknya sendiri. Untuk akuarium ukuran (80 x 60 x 50 ) cm dapat dipelihara 10 ekor induk betina dan paling sedikit 5 ekor jantan.

 

Lingkungan tempat pemeliharaan dan pemijahan ikan Black Ghost biasanya dibuat relatif gelap, dan ikan ini memijah pada malam hari. Menjelang terbit matahari, tempat penempelan telur berupa baki harus segera diambil dan dipindahkan ke tempat penetasan, untuk menghindari pemangsaan telur tersebut oleh induknya. Telur yang dipanen dari baki pemijahan + 200 butir/hari.

 

1.3. Penetasan telur dan perawatan larva

 

Penetasan telur dilakukan di akuarium, dan akan menetas pada hari ketiga. Makanan berupa naupli artemia mulai diberikan pada hari ke-10 setelah penetasan dan selanjutnya diberi cacing rambut secara ad libitum.

 

1.4. Pendederan dan Pembesaran

 

Kegiatan pendederan dilakukan setelah larva dapat memakan cacing rambut, yaitu + berumur 2 minggu, sampai ikan mencapai ukuran + 1 inchi dengan lama pemeliharaan 1 – 15 bulan sedangkan kegiatan pembesaran ikan Black Ghost dilakukan untuk mencapai ukuran komersial, yaitu 2-3 inchi. Wadah yang digunakan dapat berupa akuarium atau bak dengan padat tebar 2 – 5 ekor / l. Pakan yang diberikan selama pemeliharaan adalah cacing rambut secara ad libitum. Ikan Black Ghost dengan ukuran 2 inchi dapat dicapai dalam waktu dua bulan. Sedangkan ukuran 3 inchi dapat dicapai dengan menambah waktu pemeliharaan selama tiga minggu. Penyiphonan untuk membuang kotoran harus dilakukan setiap hari agar kualitas media tetap terjaga.

 

 

 

Jika ada yang ditanyakan bisa comentar saja di bawah atau melalui

fb saya

Elfian permana

Twitter : elfian_10

Email : elfianpermana010@yahoo.com (tapi jarang buka email)

Atau sms aja bisa pasti di balas kok tapi kalo ada pulsa hahah

…  ( 085778557773)