Pernahkah  sering dinasehati oleh orang tua, orang dewasa dan orang lain? tipe semua orang berbeda dalam bernasehat. ada yang menggunakan kata halus, kasar lalu ada yang menggunakan nada kecil , nada dan nada besar intinya nasehat itu bertujuan agar kita menjadi orang yang lebih baik lagi / mungkin nasehatnya bertujuan untuk seperti orang yang memberi nasehat itu tidak boleh diikuti harusnya nasehar bertujuan untuk diri yang diberi nasehat untuk menjadi lebih baik lagi dalam hidup. tidak selamanya nasehat itu manis dan ada kalanya nasehat itu pahit. nasehat semuanya pasti baik akan tetapi cara yang salah sering diterapkan oleh orang dewasa padahalnasehat pahit memberi tekanan psikologis si yang diberi nasehat.

Beberapa dampak akibat “salah asuh” dengan MEMBENTAK ini adalah:
1. Anak saat dewasa menjadi minder & takut mencoba hal baru. Jiwanya selalu merasa bersalah sehingga hidupnya penuh keraguan dan tidak percaya diri.

2. Anak akan memiliki sifat pemarah, egois, judes karena dia dibentuk dengan kemarahan oleh orang tuanya. Jika ada hal yang tidak berkenan dihatinya karena sikap kawannya, dia cenderung agresif dan memarahi rekannya. Padahal masalahnya hanya sepele.

3. Anak akan memilki sifat menantang, keras kepala dan suka membantah nasehat atau perintah orang tuanya.

4. Anak akan memiliki pribadi yang tertutup dan suka menyimpan unek-unek nya, takut mengutarakan, karena takut dipersalahkan.

5. Anak menjadi apatis, sering tidak peduli pada suatu hal.

 

oleh sebab itu cara mudah untuk tidak mendendam dengan cara menggubah pola pikir kita, yaitu dengan berfikir bahwa nasehat itu tidak semuanya manis akan tetapi seperti jamu, yang pahit akan tetapi esok harinya akan lebih sehat dan bersemanagat. berfikiran negatif atau malah membenci bukan suatu menyelesaikan masalah akan tetapi akan menjadi bom waktu yang akan pecah dikemudian hari. ubah lah pola pikir anda.

Advertisements