Jadilah pembaca dan pengcopy yang baik dengan mencantumkan sumber yang anda ambil . budayakan tidak untuk menjadi plagiat/plagiator. terima kasih sudah berkunjung dan beretika dalam berblog.

(Elfian Permana)

Mantan merupakan momok ynag paling menakutkan bagi kita semua apalagi waktu baru putus itu semua tidak bisa kita salahkan kepada mantan pacar kita itu semua akibat pilihan kita yang memlih untuk berpacaran. Berpacaran itu seperti bom waktu, pada saat anda memulai pacaran disitu anda mulai memasang bom semakin waktu yang anda pasang maka semakin besar ledakan yang akan terjadi. Tapi kita tidak membahas tentang pacarannya biarlah nasi sudah menjadi bubur, air sudah menguap. 1 hal yang harus anda lakukan adalah melihat kembali dunia di depan anda dan cita – cita anda yang terhambat akibat berpacaran. Mengapa saya membuat melakupakan cara melupakan mantan ekstrim karena disini saya akan merubah menset pola pikir anda dan tidak setengah setengah tapi penuh dan ini merupakan tips paling  jitu karena ini hasil peengalaman pribadi saya sendiri. langsung saja. Jika anda ingin benar – benar melupakan mantan anda,anda harus mengikuti langkah – langkah saya jangan menggunakan literature orang lain karena beda cara. Ini dia langkah langkahnya.

  1. Niat

Jika anda benar – benar ingin melupakan mantan anda, anda harus meniatkan hati, jiwa dan akal anda terapkan di pikiran dan otak anda full untuk melupakan saya harap anda tidak berfikir untuk mencoba balikan ataupun bertemu lagi, jika bertemu jangan pikirkan masa lalu terus berpeggang teguh untuk tidak berpacaran dengan dia lagi. Ubah pola pikir  anda untuk tidak berpacaran lagi. Emang agak sulit untuk melihat kata – kata ini tapi ketika anda mengingat selalu mantan anda terikan dan katakana kepada hati dan pola pikiran anda anda tidak akan paccaran lagi dan ingat tujuan anda.

  1. Tujuan

jika anda masih setengah – setengah untuk berniat anda  akan terus menggalau dan tidak akan bissa menuju step selanjutnya. Sebaiknnya anda meniatkan full untuk tidak berpacaran lagi. Selanjutnya ini jika niat anda sudah bulat dan kuat untuk tidak berpacaran lagi. Tulis tujuan anda cita – cita dan target anda kedepan. Pikirkan apa saja yang waktu anda buat selama ini ketika berpacan dan tuliskan agenda anda untuk mencapai tujuan anda. Memang kita akan keliatan kurang bersemangat dalam mencapainya akan tetapi terus paksakan lawan rasa tidak semangat itu dikarenakan niat yang kuat pasti bisa.

  1. Buang semua yang berkaitan tentang mantan

Setelah anda berniat dan bertujuan ini adalah hal ektrim yang saya lakukan ketika itu. Sebaiknya anda membuang semua barang pemberian mantan karena jika anda tidak buang, ketika anda melihat barang itu anda akan kembali ke masa lalu akan selalu mengingatnya oleh sebab itu buang semua barang mantan  dan nomer mantan jika bisa anda mengganti nomer anda. Jika anda tidak membuang emua yang berkaitan dengan mantan anda akan semakin sulit untuk melupakan nya.

  1. Ganti nomer hp/bbm dan jejaring social dan hapus dia semuanya

Setelah membuang hal yang berkaitan tentang mantan anda harus melakukan hal ektrim yang kedua yaitu anda harus membuang kartu anda, kenapa harus begitu? Sebab pola pikir anda akan menggu mantan anda untuk sms anda oleh sebab itu dengan anda menggatu semua alat komunikasi di pikiran anda tidak ada lagi berharap mantan anda akan menghubungi anda lagi. Jika anda tidak melakukan hal ini anda akan sangat sulit untuk melupakan. Jika anda tidak siap dengan ini jangan lakukan atau ke step selanjutnya tetapi jika anda sudah niat anda akan mudah melakukan hal ini jika anda tidak bisa melakukan hal ini berati niat anda belum benar benar full.

  1. Mendekatkan diri pada agama (jika islam pada allah)

Ketika anda berpacaran pasti anda sudah jauh dengan allah oleh sebab itu ini merupakan momen anda untuk mendekatkan diri pada allah keluarkan curhat anda pada allah saya sarankan kepada anda untuk berdoa dan curhatankan semua benak anada pada malam hari kepada allah yakin kan pada diri anda allah sedang mendengar anda dan sertakan di akhir kalimat doa anda jika anda sungguh sungguh untuk melupakan mantan anda. Jikka islam banyak puasa sunah, baca quran dan kaji surah an nisa dan tentang jodoh insya allah lancar move on anda.

  1. Fullkan kegiatan anda

Fullkan kegiatan anda dengan hal yang positif seperti ekstrakulikuler dan lain lain. Harus ada catatan jangan anda ke tempat masa lalu anda dengan mantan anda dan jangan pernah melihat orang pacaran jika anda melihat orang pacran abaikan dan ubah di pikiran anda bilang kepada diri anda pacaran itu tidak ada manfaat/ abaikan dipikiran anda berfikir yang lain kalo saya sih jika ada orang yang pacaran saya selalu berfikir bahwa tidak ada suami yang mau dengan istri yang sudah dipegang – pegang oleh mantannya/ pacarnya dan berfikir cita – cita saya.

  1. Jauhkan yang berbau tentang cinta / berpacaran

Jaukan pandangan anda dari lagu, video, game dan pandangan di kehidupan yang berbau tentang cinta jangan sampai anda menyetel music tantang cinta maka tingkat kegalauan anda akan meningkan usahakan jangan menyetel lagu yang berbau tentang cinta apalagi tentang kisah anda dengan manta nada itu akan menyakitkan diri anada emang pasa anda mendenganrkan terasa hati terpuaskan akan tetapi pas 1 – 24 jam kemudian anda anakn menggalau tinggkat kegaluan anda akan tinggi dan begitu pula dengan video game dan yang anda lihat hapussemua yang berbau seperti itu karena akan menghambat anda untuk move on.

  1. Liat orang tua anda

Ini adalah tahap terlahir dan anda akan melupakan manta nada dalam seminggu jika anda benar benar mengikuti step yang saya sajikan. Liat orang tua anda yang bantng tulang yang selalu mencari uang untuk anda sekolah dan belajar apakah anda tega meelihat orang tua anda bekerja akan tetapi anda malah mengabaikan sekola anda pada hal yang tidak berguna. Kebetulan orang tua saya pas pasan dan saat itu saya sangat sedih ddengan kegigihan mereka maka saya bisa move on.

Ini merupakan cara tercepat versi saya , jika anda mengikuti step yang saya berikan maka anda akan cepat berhasil melupakan manta nada insya allah. Ini pernah saya terapkan ke saya dan teman – teman saya dan akhirnya semua berhasil da nada juga yang teryata pas sudah move on pas 1 tahun kemudia tidak diduga – duga teryata dia sudah dapat jodoh padahal niatnya ga pacaran teryata ada yang melamar dia. Ini semua bisa terjadi tergantung dari kegigihan anda dan mengikuti step ini dengan sungguh – sungguh terima kasih sudah menyinak. Perubahan ini terkandung pada anda sendiri.