Jadilah pembaca dan pengcopy yang baik dengan mencantumkan sumber yang anda ambil . budayakan tidak untuk menjadi plagiat/plagiator. terima kasih sudah berkunjung dan beretika dalam berblog.

(Elfian Permana)

Salah satu faktor yang mempengaruhi kelangsungan hidup ikan adalah kualitas air. Penurunan kualitas perairan pada era sekarang ini disebabkan oleh perubahan iklim dunia akibat pemanasan global. Peningkatan konsentrasi gas CO2 atau karbondioksida menimbulkan efek nyata pada ekosistem laut, dimana terjadi proses pengasaman yang membahayakan ekosistem laut, terutama karena mematikan plankton-plankton, yang termasuk dalam rantai makanan laut, yang menjadi sumber makanan banyak ikan. Terumbu karang yang menjadi sumber kehidupan banyak organisme laut juga berada dalam bahaya olehnya.Dampak perubahan iklim yang mengakibatkan meningkatknya suhu.

perairan di bumi memberikan pengaruh yang sangat kompleks terhadap berbagai aspek kelautan termasuk perikanan. Peningkatan suhu bumi juga berimbas pada peningkatan suhu air, baik air laut maupun air tawar, dan sangat menggangu kehidupan ikan-ikan di dalamnya. Meningkatnya suhu perairan mengakibatkan ikan hanya mampu mencerna makanan nutrisi terutama protein yang sesuai dengan iklim dan suhu yang terjadi pada lingkungannya. Apabila ketersediaan protein dalam pakan tidak mencukupi maka pertumbuhan ikan akan berkurang atau terjadi penurunan bobot tubuh, karena protein dalam jaringan tubuh akan dimanfaatkan kembali untuk fungsi fisiologis jaringan yang lebih penting kadar protein cukup tinggi dan melebihi kebutuhan ikan, maka kelebihan protein itu akan dideaminasi dan proses ini membutuhkan energi, sehingga energi yang digunakan untuk membangun tubuh berkurang (NRC, 1983). Maka dari itu perlunya upaya dalam budidaya menentukan pakan yang cocok dalam budidaya ikan, untuk pertumbuhan ikan yang cepat dan efektif menekan jumlah presentasi biaya operasional dalam budidaya.

Advertisements