Jadilah pembaca dan pengcopy yang baik dengan mencantumkan sumber yang anda ambil . budayakan tidak untuk menjadi plagiat/plagiator. terima kasih sudah berkunjung dan beretika dalam berblog.

(Elfian Permana)

Air merupakan media tempat hidup ikan sangat penting sebagai mengambil makanan, bergerak, bernapas, respirasi, pertumbuhan, reproduksi, ekskresi, karena apapun yang terjadi pada perairan akan berakibat langsung pada kesehatan ikan termasuk ikan mas. Sifat ikan mas adalah omnivora atau pemakan segala, mencari hewan dasar kolam dan ikan mas tidak menyukai kualitas air yang buruk biasa menyebabkan kematian. sehingga ikan adalah hewan yang sangat tergantung dengan kualitas air. Kualitas air merupakan suatu ukuran kondisi air dilihat dari karakteristik fisik, kimiawi, dan biologisnya. Fisik atau fisika berupa suhu, kecerahan dan kekeruhan. kimiawi atau kimia berupa nitrit, ammonia, pH, oksigen terlarut dan alkalinitas. Biologi berupa plankton.

Ikan merupakan hewan poikiloterm, yang mana suhu tubuhnya naik turun sesuai dengan suhu lingkungan, semua proses fisiologis ikan dipengaruhi oleh suhu lingkungan. Suhu air merupakan faktor penting yang harus diperhatikan karena dapat mempengaruhi laju metabolisme dalam tubuh ikan dalam pertumbuhan. Suhu yang optimal untuk ikan mas yaitu 30 – 32 o C (Jobling, 1981). Suhu air berpengaruh terhadap proses metabolisme dan berdampak pada pertumbuhan ikan. Jika suhu yang tinggi maka pada laju metabolisme akan meningkat, sedangkan pada suhu yang rendah maka laju metabolisme akan menurun.

Kekeruhan yang terlalu keruh berdampak terhadap ikan mas, pada saat keruh pernapasan ikan mas terganggu akibat zat terlarut seperti lumpur menempel pada insang ikan, saat keruh akibat plankton persaingan oksigen pasa saat malam hari membuat ikan kekurangan oksigen dan respon terhadap makanan menurun akibat dari penglihatan yang terhalang. Kecerahan merupakan zona trasparasi masuknya cahaya dan sumber tingkat kecerahan ikan. Jika terlau cerah berdampak terhadap kualitas makanan alami beruapa plankton untuk menambah nutrisi pada ikan. Sehingga kualitas air yang baik yaitu tidak kurang dari 20 – 30 cm.

Oksigen terlarut berpengaruh terhadap aktifitas respirasi dan metabolisme ikan organisme air dan dekomposer dalam proses mendekoposisi bahan organi dalam perairan.Hal ini disebabkan karena oksigen terlarut digunakan untuk proses metabolisme dalam tubuh.Kadar oksigen terlarut yang dibutuhkan ikan tidak boleh kurang dari 3 ppm (cholik et al 1986 ) dan SNI (2000), DO yang dibutuhkan lebih dari 4 ppm, serta menurut Edwards and Twomey (1982) DO yang dibutuhkan oleh ikan mas yaitu 6 – 7 mg/l. Penelitian Saravanan dkk (2013) mengungkap bahwa kebutuhan oksigen untuk metabolis (pembakaran) tidak biasa terpenuhi pada saat oksigen terlarut dalam air rendah sehingga meski ikan diberi protein rendah, ikan tidak mampu memanfaatkannya secara optimal.Temuan ini sekaligus membuka peluang untuk penelitian lebih lanjut tentang pemanfaatan protein pakan dalam kondisi temperatur yang tinggi dan rendah oksigen terlarut.

Parameter biologi yang paling banyak berpengaruh dalam pengelolaan kualitas air meliputi seperti plankton, alga, tanaman air, dan bentos. Jasad renik dalam perairan berpengaruh terhadap kehidupan ikan. sangat perlu untuk dipahami oleh pembudidayaan ikan karena beberapa jasad renik bermanfaat untuk budidaya ikan khususnya larva untuk hidup, tumbuh dan berkembang. Komponen produsen, akan tetapi jika terlalu banyak jumlah fitoplankton maka akan menggangu sistem pertapassan ikan pada saat malam hari, malam hari fito lebih banyak mengmbil oksigen dari pada siang hari.

pH adalah tingkatan asam basa suatu larutan yang diukur dengan skala 0 s/d 14 . Tinggi rendahnya pH air sangat dipengaruhi oleh kandungan mineral lain yang terdapat dalam air. pH air untuk ikan mas adalah 6,5 s/d 8,5 . Pengaruh pH terhadap air adalah sangat besar, pH air terlalu rendah akan berasa pahit /asam, sedangkan jika terlalu tinggi maka air akan berasa tidak enak (kental/licin). Untuk ikan mas pH yang terlalu rendah atau tinggi akan menyebabkan ikan tersebut mati.

Advertisements