Jadilah pembaca dan pengcopy yang baik dengan mencantumkan sumber yang anda ambil . budayakan tidak untuk menjadi plagiat/plagiator. terima kasih sudah berkunjung dan beretika dalam berblog.

(Elfian Permana)

Kekawatiran pembudidaya atau penghobi ikan yaitu ketika yang sebelumnya ikan menjadi nafsu makan kemudian ikan tidak mau makan (daya makan menurun). hal tersebut membuat pemelihara merasa kawatir apakah ikan tersebut sakit atau akan mati. berikut ini beberapa faktor – faktor yang menyebabkan daya makan ikan menurun.

1. Suhu Air

images(3).jpg

Ketika suhu air kolam terlalu dingin seperti pada musim pancaroba, nafsu makan ikan biasanya akan menurun atau bahkan ikan tidak mau makan sama sekali. Pada kondisi ini sistem pencernaan ikan akan mengalami penurunan yang berakibat ikan tidak bisa mencerna secara optimal jenis makanan yang biasa dikonsumsi ketika suhu air ideal.

Selain sistem pencernaan, pada suhu yang rendah sistem kekebalan tubuh ikan juga tidak bisa bekerja dengan normal. Kondisi ini diperparah dengan muculnya bakteri patogen alias bakteri ‘jahat’ yang akan aktif di kala suhu air kolam terlalu dingin.

Inilah mengapa pada suhu yang dingin ikan akan lebih rentan terserang penyakit dan bahkan tidak jarang menyebabkan kematian masal khususnya ikan yang masih stadium benih.

Untuk mencegah kematian masal biasanya pembudidaya ikan akan memberikan vitamin khususnya Vitamin C dan B Kompleks yang dicampur ke dalam pakan. Ada juga pembudidaya yang mengaplikasikan penggaraman dan pemberian probiotik sebagai tindakan pencegahan serangan bakteri patogen yang aktif pada suhu yang rendah,

Suhu yang ideal bagi budidaya ikan adalah suhu yang stabil di kisaran 28-30 C serta tidak terjadi perbedaan suhu air yang mencolok antara siang dan malam (tidak lebih dari 5 C). Pada kondisi ini ikan akan memberikan respon maksimal ketika diberi pakan. Selain itu sistem kekebalan tubuh ikan juga bekerja optimal pada kondisi tersebut.

Berdasarkan hasil penelitian Tucker dan Hargreaves, suhu air memang sangat berpengaruh terhadap respon ikan dalam mengkonsumsi pakan. Suhu air yang berada di atas atau dibawah suhu ideal akan menyebabkan nafsu makan ikan turun bahkan tidak mau makan sama sekali.

Respon ikan terhadap pakan tersebut dapat dilihat pada tabel di bawah ini :

Suhu Air (Celcius) Respon Terhadap Pakan
Mendekati 0 Kondisi Kritis, Respon Minimal
8-10 Tidak ada respon
15 Respon berkurang
22 50 % Optimal
28-30 Respon Optimal
33 50 % Optimal
35 Respon berkurang
36-38 Tidak ada respon
38-42 Kondisi Kritis, Respon Minimal

Sumber : http://budidaya-ikan.com

2. Penyakit

images(2).jpg
Penyakit merupakan salah satu faktor yang menyebabkan ikan sakit. ikan yang sakit akan cenderung berdiam diri dan memisahkan diri dari kelompoknya. cara untuk mengatasinya yaitu dengan cara pengobatan pada ikan. ciri – ciri ikan sakit bisa dilihat postingan sebelumnya.

3. Pakan Terlalu Besar

untitled.jpg

pakan yang terlalu besar membuat ikan malas untuk memakan pakan tersebut, terkadang ikan hanya menyentuh pakan nya saja tanpa memakan pakan tersebut. pemilihan pakan merupakan hal yang terpenting untuk memelihara ikan dalam keadaan yang normal.

4. Cahaya

images(4).jpg
Cahaya sendiri memliki beberapa kendala terhadap ikan yang nokturnal atau aktif pada makan hari. ikan yang lebih senang pada kondisi gelap membuat cenderung lebih mengghindari cahaya. oleh sebab itu pengaturan cahaya sangat penting dalam memelihara beberapa ikan yang tidak menyukai chaya seperti ikan black ghosh dan udang.