Ikan molly marble atau disebut molly balon merupan ikan hias yang sangat disukai orang dikarenakan ikannya yang sangat kecil dan sangat lucu. daribentuk badannya ikan ini mirip seperti balon yang terbang. akan tetapi banyak orang yang belum tau cara membudidayakannya. padahal untuk membudidayakannya sangat lah mudah berikut tahap – tahap dalam budidaya ikan molly balon atau molly marble.

tytyr

Pemeliharaan Induk

Ada baiknya sebelum memjiahkan atau mengkawinkan induk molly sebaiknya kita harus menciptakan induk yang sehat. Induk yang sehat untuk mengasilkan anakan yang sehat. Induk yang diberi pakan dengan nutrisi baik berpengaruh terhadap gonad yang akan berkembang untuk mebuat sperma ataupun telur pada ikan tersebut. enargi pada induk ikan akan disalurkan ke gonad dan berpengaruh terhadap kesehatan induk. Adapun cara merawat induk ikan molly yaitu dengan cara membersihkan selalu lingkungan induk tersebut dengan pembersian lingkungan pemeliharaan. Pemberian pakan yang konsisiten dengan pemberian pakan 2 kali sehari yaitu pagi dan sore. Makanan induk molly marble bias berupa pelet, cacing sutra maupun jentik nyamuk.

Seleksi induk

Seleksi induk merupakan factor penting dalam mencari keturunan yang baik dan menghasilkan anak yang sehat. Induk yang baik akan menghasilkan anakan yang baik juga. Induk sebaiknya  dalam pemeliharaan diberikan pakan yang baik. Seleksi induk merpan proses sebelum pemijahan dengan memilih selektif yaitu indukan dalam keadaan sehat, terhindar dari penyakit, matang gonad ( siap untuk memijah).

Betina                                                      Jantan

Pemijahan

Pemijahan bias dilakukan secara masal dengan perbandingan 3 jantan dan 3 betina. Pemijahan dibak ukuran 1 m x 1 m x 1m. pemijahan sebaiknya ditempat yang kondusif tidak gaduh.

2895316_5_644x461_ikan-hias-palembang-sumatra-selatan.jpg

Pemeliharaan

Anakan molly akan berdiam di perut induk betina, setelah pemijahan sebaiknya terus perhatikan sampai induk betina mengelurkan anak nya dari perutnya. Ketika induk betina sudah mengeluarkan anaknya sebaiknya cepat memindahkan anakannya mencegah terjadinya indukan memakan anaknya. Anakan molly bias diberi pakan dengan menggunkan kuning telur yang di ambil sarinya. Disaring menggunakan kain halus atau pakan bias berupa cacing sutra. Pemberian pakan harus intensif dikarenakan keadaan ikan masih terlalu kecil

.maxresdefault