Banyak yang belum mengetahui tentang karakteristik spema ikan, walaupun tidak beda sperma ikan dengan makluk yang lain. sebagai seorang pembudidayakan bukan hanya menguasai budiaya ikan akan tetapi menguasai juga biologi dari perikanan yang kita budidayakan juga, tidak hanya pintar dalam teknik akan tetapi pintar dalam secara fiologi ikan dan biologi ikan, bisa saja akan menjadi dasar sebagai teknis untuk budiaya itu sendiri. jangan menyepelkan suatu hal. langsung saja ke materi ilmiahnya.

Sperma merupakan suatu hal yang menentukan proses perkembangan hidup, tanpa sperma tidak akan ada maklukhidup baru dalam proses pembuahan pada sel telur. pentingnya dalam mengetahui karakteristik sperma menjadi acuan dasar dalam proses rekayasa genetik seperti contoh halnya penyisipan gen. gen yang di sisipkan ke sel telur akan membuat ikan yang disipkan akan membawa sifat genetik dari gen yang disisipkan. berikut ini karakteristik genetik secara sederhana saya jelaskan dan mudah dimengerti.

tg

Sperma mempunyai 2 proses yaitu meosis dan mitosis.

MITOSIS adalah pembelahan sel yang terjadi pada sel tubuh (sel somatik) yang meliputi semua sel kecuali sel kelamin/gamet. Mitosis berfungsi untuk menambah jumlah sel atau mengganti sel yang telah rusak atau mati. Pembelahan mitosis menempuh empat fase.

Miosis terjadi pada dalam tubuh ikan sendiri belum bertemunya sel sperma dan sel telur.

MEIOSIS adalah proses pembelahan sel yang terjadi pada sel kelamin/gametosit. Gamet-gamet mengandung jumlah kromosom haploid (n) tetapi berasal dari sel-sel diploid (2n) yang disebut sel gonad atau sel kecambah primordial. Pada ternak jantan sel ini disebut spermatogonia yang terletak dalam jaringan seminiferous tubules. Pada ternak betina disebut ovigonia/oogonia yang terletak sedikit di bawah lapisan luar/germinal epithelium dari ovari. Rupanya jumlah kromosom direduksi menjadi setengahnya pada waktu gametogenesis.

meosis betemunya sel telur betina dan jantan dan akan menjadi organ – organ untuk kehidupan baru.

23456789