Akuakurtur adalah kegitan memproduksi biota ( organisme )akuatik di lingkungan terkontrol dalam rangka mendapatkn keuntungan (profit).Akuakurltur berasal dari bahasa Inggris aguacurture (agua = perairan; curture = budidaya) dan diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia menjadi budidaya perairan melalui kegiatan budidaya perairan atau budidaya perikanan. Oleh karena itu,akuakurtur dapat didefinisikan menjadi campur tangan ( upaya-upaya )manusia untuk meningkatkan produktivitas perairan melalui kegitan budidaya yang dimaksud adalah kegitan pemeliharaan untuk memperbanyak (reproduksi),menumbuhkan,serta  meningkatkan mutu biota akuatik sehingga diperoleh keuntungan.

MUHAMAD NASIR, SP. DASAR-DASAR BUDIDAYA PERAIRAN


Ruang lingkup akuakultur bisa dilihat dari berbagai sudut pandng.Ruang lingkup akuakultur bisa berdasarkan kegitan :

  1. Ruang lingkup akuakultur berdasarkan kegitan
  2. Ruang lingkup akuakultur berdasarkan spasial
  3. Ruang lingkup akuakultur berdasarkan sumber air
  4. Ruang lingkup akuakultur berdasarkan zonasi darat-laut

RUANG LINGKUP BERDASARKAN KEGIATAN

  1. Subsistem pengadaan sarana dan prasarana produksiPengadaan prasarana produksi mencakup Pemilihan lokasi,pengadaan bahan,dan pembangunan fasilitas produksi. Sementara pengadaan sarana produksi mencakup pengadaan induk,benih,pakan,pupuk,obat- obatan,pestisida,peralatan akuakultur,tenaga kerja,dan sebagainya
  1. Subsistem proses produksi,mencakup kegiatan sejak persipan wadah pemeliharaan,penebaran,pemberian pakan,pengelolaan lingkungan,pengelolaan kesehatan ikan,pemantauan ikan,hingga pemanenan.
  1. Subsistem penanganan pascapanen dan pemasaran,mencakup kegiatan meningkatkan mutu produk sehingga bisa lebih diterima konsumen, distribusi produks dan pelayanan terhadap konsumen.
  1. Subsistem pendukung mencakup hukum (perundang undangan dan kebijakan), aspek keungan (pembiayaan/kredit,pembayaran),aspek kelembagaan (organisasiperusahaan,asosiasi,koprasi,perbankan,lembagabirokrasi,lembaga r iset dan pengembangan).