Ikan hias merupakan salah satu ikan yang memiliki prospek penting dan mempunyai prospek yang sangat baik untuk dikembangkan. Indonesia mampu melakukan penjualan senilai USD24 juta pada 2014 (KKP, 2014). Pasar yang sangat luas baik dalam negeri terutama laur negeri, ikan hias menjadi prospek yang baik terutama dikalangan penghobi hiasan ikan.

Potensi Ikan hias di Indonesia sangat besar spesies ikan hias Indonesia paling terbesar dan pengekspor ke 5 terbesar. Ikan hias yang paling digemari oleh pasar yaitu ikan yang berwarna cerah, bentuk unik dan mudah dipelihara. Ikan hias yang paling populer pada saat ini yaitu arwana, ikan koki, ikan koi, ikan diskus dan ikan rainbow.
Ikan rainbow kurumoi merupakan ikan hias yang berasal dari danau papua dan dikalangan masyarakat ikan rainbow biasa disebut ikan pelangi disebabkan warna ikan ranbow kurumoi berwarna seperti pelangi. Warna pelangi tersebut menjadi daya tarik bagi masyarakat penikmat ikan hias. Ikan pelangi atau ranbow ini menjadi peluang dalam kegiatan budidaya untuk menghasilkan peospek keuntungan yang besar.
Ikan rainbow akan menjadi ikan yang bernilai harga tinggi dikarenakan ikan yang cukup menarik bagi penghobi ikan hias. Selain itu ikan rainbow juga banyak digunakan dalam hiasan aquascap. Tidak banyak orang yang budidaya ikan hias ini sehingga menjadi prospek besar bagi para membudiaya yang ingin mencoba budidaya ikan ini.