PROTEIN

Protein adalah komponen utama dalam pakan koi yang sangat penting untuk pertumbuhan. Setiap sel pada makhluk hidup termasuk koi terbuat dari protein, bahkan sel darah merah dan sel darah putih pun terbuat dari protein. Protein juga sangat penting untuk membuat jaringan sel baru dan enzim. Koi muda usia 0 – 2 tahun membutuhkan pakan dengan kadar protein tinggi, hal ini untuk pembentukan jaringan dan pertumbuhan, 40% kandungan protein pada pakan adalah angka yang sering dianjurkan para ahli nutrisi koi. Sedangkan koi usia lebih tua membutuhkan protein dengan kadar lebih rendah, sekitar 30% – 35%. Sumber utama protein bagi pakan ikan adalah tepung ikan dan tepung kedelai.

LEMAK (Fat)

Lemak (fat) atau lipid adalah sumber energi primer bagi koi. Lemak juga membantu daya apung Koi. Dalam jumlah yang terukur, yakni 3% – 10%, lemak akan sangat baik untuk kesehatan koi. Tapi…kalau terlalu banyak (lebih dari 10%) akan menyebabkan kenaikan berat badan dan membahayakan hati. Sedangkan terlalu sedikit lemak (dibawah 3%) akan membahayak jantung. Sumber lemak untuk pakan koi bisa dari gandum, tepung ikan, atau minyak jagung. *KoiforDummies (R.D. Bartlett, Patricia Bartlett)

KARBOHIDRAT (Carb)

Karbohidat adalah salah satu sumber energi utama bagi koi. Kadar karbodidrat yang dianjurkan adalah 30 %- 40%. Hindari makanan koi yang terbuat dari beras, gandum, dan jagung – karena mengandung terlalu banyak karbohidrat. Sebaliknya, karbohidrat yang berasal dari sayuran dan buah-buahan lebih baik karena banyak mengandung fiber (serat), serat membantu daya serap nutrisi pada sistem pencernaan koi. Jika koi kekurangan karbohidrat, mereka akan memecah protein yang menghasilkan lebih banyak amonia dan berbahaya bagi kolam filter karna akan menyebabkan bom amonia.

SERAT (Fiber)

Serat atau fiber membantu pencernaan koi dengan memperlancar penyerapan nutrisi. Namun terlalu banyak makanan mengandung serat juga tidak baik karna akan terdapat banyak kotoran di kolam (terutama untuk kolam filter). Komposisi yang dianjurkan adalah 5% kandungan serat dalam pakan koi. Sumber serat pada pakan bisa berasal dari gandung, jagung, oats dll (pokoknya yang berasal dari tumbuh-tumbuhan).

VITAMIN

Seperti halnya  pada manusia. Koi juga membutuhkan vitamin. Vitamin A, B, C, D, dan K sangat penting bagi pertumbuhan Koi terutama Koi yang masih muda. Fungsi utama vitamin adalah  pencegahan penyakit.

MINERAL

Mineral seperti zat besi, tembaga, yodium, dan magnesium sangat penting bagi pertumbuhan dan perkembangan koi. Pemberiannya bisa melalui pakan atau bisa langsung ke air kolam. Pastikan kebutuhan mineral koi kita terpenuhi untuk menghindari penurunan nafsu makan dan ketidakseimbangan pertumbuhan. Mineral seperti kalsium dan fosfor penting untuk pembentukan dan kekuatan tulang. Magnesium dibutuhkan untuk fungsi metabolisme ikan. Kalium dan natrium diperlukan untuk fungsi saraf.

ZAT PENINGKAT WARNA (Colour Enhancement)

Salah satu point penting dalam menilai koi adalah kebersihan kulit dan kecerahan/ketajaman warna. Dan untuk meningkatkan warna koi, kita dapat memberi pakan yang mengandung udang, chlorella, plankton, kelopak marigold, dan terutama spirulina. Spirulina khususnya akan membuat koi menjadi lebih merah, warna oranye yang lebih oranye, dan kuning menjadi warna emas yang indah.

sumber : http://duniakoi.com/
Advertisements