Ikan Louhan atau yang dikenal dengan nama ilmiah Flowerhorn merupakan jenis ikan hias air tawar yang banyak digemari pecinta ikan. Ikan ini sangat unik dengan ciri khas benjolan dikepalanya yang sering disebut dengan jenong atau kepala nong-nong. Ciri khas tersebut ternyata memiliki perbedaan lain yang membedakan louhan satu dengan louhan lainnya, untuk itu saya ingin mengulas lebih jauh jenis ikan louhan yang ada di dunia ini.

Ikan louhan adalah ikan hias air tawar yang hidup dengan baik di dalam aquarium. Ikan ini biasanya hanya membutuhkan aquarium dengan ukuran 200 x 170 x 80 cm untuk ikan yang memiliki panjang sekitar 40 hingga 50 cm. Idealnya dalam aquarium yang diisi dengan air tawar tersebut harus memiliki suhu 80-85 ° F.

Mengenal 9 Jenis Ikan Louhan Yang Hidup Dengan Baik Di Aquarium
berbagai jenis ikan louhan
Gambar ikan louhan
Ikan louhan adalah spesies hybrid yang artinya perkembangbiakan ikan turunan melalui proses campur tangan manusia. Campur tangan manusia ini biasanya untuk mendapatkan benjolan unik di kepala louhan. Beberapa jenis ikan louhan asli biasanya hidup di wiliayah Asia Tenggara terutama di Negara Malaysia dan Taiwan. Berikut ini beberapa jenis ikan louhan yang bisa Anda koleski di aquarium Anda :

Ikan Louhan Kemalau
louhan-kemalau.jpg
louhan kemalau

Louhan kemalau
Kemalau merupakan jenis ikan yang banyak dicari oleh masyarakat Indonesia. Harga ikan ini bahkan bisa mancapai puluhan juta rupiah karena tergolong jenis ikan louhan langka. Keistemewaan ikan ini terdapat pada bagian tubuh yang memiliki mutiara khas yang tidak bisa ditemukan pada jenis ikan lainnya.

Ikan Lohan Golden Base

5 DSC_0316.jpg

louhan golden base

Louhan golden base
Warna tubuh menjadi cirri khas ikan ini dibandingkan dengan jenis louhan lainnya. Ikan ini memiliki warna kuning kemerahan pada sebagian besar bagian tubuh. Louhan golden base juga tidak memiliki bintik hitam yang biasanya terdapat pada spesies louhan lainnya.

Jenis Ikan Louhan Cencu

louhan-cencu.jpg
louhan cencu

Louhan cencu
Cencu adalah ikan louhan yang paling popular dan diminati oleh pecinta ikan. Mutiara adalah faktor utama kenapa ikan ini banyak dicari. Keberadaan mutiara membuat ikan ini disebut sebagai ikan lohan mutiara. Louhan cencu dibagi menjadi dua jenis yaitu jenis modern dan klasik. Jenis klasik memiliki wanra yang lebih menonjol namun mutiaranya tidak banyak, sedangkan jenis modern memiliki mutiara yang lebih banyak bahkan sampai pada bagian pipi dan kepalanya. Harga ikan louhan ini biasanya berkisar dari 40-an ribu hingga 1, 2 juta rupiah.

Louhan Kamfa

maxresdefault.jpg
louhan kamfa klasik

Louhan kamfa klasik
Ikan louhan kamfa termasuk jenis ikan louhan termahal dengan harga yang mencapai 200 juta rupiah. Harga tersebut membuat kamfa masuk dalam jajaran ikan hiar air tawar termahal untuk diperlihara di aquarium. Kamfa juga memiliki sebutan golden flower karena warna dan bentuk tubuhnya yang berbeda dengan jenis ikan lainnya.

Louhan Super Red Dragon

IMG_4152.JPG
louhan super red dragon
Louhan super red dragon
Warna merah terang yang tajam membuat ikan ini disebut dengan super red dragon. Ikan ini merupakan produk asli Thailand yang telah dikenal diberbagai Negara termasuk Indonesia. Harga louhan super red dragon biasanya berkisar diangka 2 jutaan namun akan naik jika non-nongnya semakin menonjol.

Louhan Super Red Texas / SRT

post-2161-1140746099.jpg
louhan super red texas
Louhan super red texas
Satu lagi jenis super ted yang berasal dari Thailand. Dia adalah louhan super red texas yang merupakan hasil kawin silang antara texas chiclod dengan louhan golden red. Ikan ini merupakan contoh ikan hasil kawin silang yang proses pembiakannya melalui campur tangan manusia.

Ikan Louhan Rainbow King

f0dnjl.jpg
louhan rainbow king
Louhan rainbow king
Sesuai dengan namanya, dia adalah raja dalam beberapa kontes louhan internasional. Ikan ini berasal dari Singapura dan mengalahkan kepopuleran jenis ikan louhan lainnya seperti kamfa. Warna tubuh yang menyererupai pelangi menjadi alas an utama mengepa ikan ini disebut dengan rainbow king.

Loihan Super Red Synspillum (SRS)

35.jpg
Super Red Synspillum

Super-Red-Synspillum.jpg
Super Red Synspillum
Pernah menjadi tren beberapa waktu lalu, ikan louhan Super Red Synspillum menjadikan Thailand sebagai produsen louhan yang baik. SRS sempat dijuluki kamfa-nya orang Thailand. Warna ikan ini adalah merah yang bercampur dengan oranye sehingga akan terlihat eksotis saat dia berenang.

Ikan Louhan Strom

louhan-storm.jpg
louhan storm
Louhan storm
Masih banyak yang belum mengetahui seluk beluk hadirnya ikan louhan ini. Para pecinta ikan percaya bahwa ikan ini merupakan produk kawin silang yag dilakukan oleh pecinta ikan di Thailand sehingga muncul spesies baru dengan marking horizontal dan keberadaan mutiara dikepalanya yang mengingatkan kita terhadap keberadaan texas chiclid.

https://www.satwapedia.com

Advertisements