Biokimia yaitu pengetahuan yang pelajari perihal fungsi beragam molekul didalam reaksi kimia serta sistem yang berjalan didalam makhluk hidup.

periodeuan pengetahuan biokimia amat luas cocok dengan kehidupan itu sendiri. bukan sekedar pelajari sistem yang berjalan didalam tubuh manusia, pengetahuan biokimia juga pelajari beragam sistem pada organisme dimulai dari yang sederhana hingga yang kompleks.

Definisi biokimia menurut beberapa ahli
biokimia yaitu bios = yunani, berarti “hidup” “kimia mahluk hidup ; kimia yang berlangsung serta jadi ciri kehidupan. ” ( webster’s dictionary )
biokimia yaitu kimia berbahan-bahan serta proses-proses yang berlangsung didalam tubuh mahluk hidup ; sebagai usaha untuk mengerti sistem kehidupan dari segi kimia. ( webnet dictionary )


PENGERTIAN BIOKIMIA

Biokimia merupakan pemahaman bentuk dan fungsi biologis dari sudut pandang kimia. Biokimia adalah kimia makhluk hidup atau kimia dari bahan-bahan dan proses-proses yang terjadi dalam tubuh mahluk hidup; sebagai upaya untuk memahami proses kehidupan dari sisi kimia.“
Biokimia merupakan ilmu yang mempelajari struktur dan fungsi komponen selular, seperti protein, karbohidrat, lipid, asam nukleat, dan biomolekul lainnya.Saat ini biokimia lebih terfokus secara khusus pada kimia reaksi termediasi enzim dan sifat-sifat protein.
Biokimiawan mempelajari molekul dan reaksi kimia terkatalisis oleh enzim yang berlangsung dalam semua organisme. Lihat artikel biologi molekular untuk diagram dan deskripsi hubungan antara biokimia, biologi molekular, dan genetika.
Saat ini, biokimia metabolisme sel telah banyak dipelajari.Bidang lain dalam biokimia di antaranya sandi genetik (DNA, RNA), sintesis protein, angkutan membran sel, dan transduksi sinyal.

TUJUAN BIOKIMIA
Mata  Kuliah Biokimia bertujuan untuk memahami interaksi molekul-molekul tak hidup yang menghasilkan fenomena kompleks dan efisien yang menjadi ciri-ciri kehidupan serta menjelaskan keseragaman kimia dari kehidupan yang beragam

HAL-HAL YANG DIPELAJARI DALAM BIOKIMIA

  • Struktur kimia dan bentuk tiga dimensi molekul biologi
  • Interaksi antar biomolekul
  • Sintesis dan degradasi biomolekul dalam sel
  • Perolehan dan pemanfaatan energi oleh sel
  • Mekanisme pengorganisasian biomolekul dan pengkoordinasian aktifitasnya
  • Penyimpanan, pemindahan dan ekspresi informasi genetika

SEJARAH BIOKIMIA
Kebangkitan biokimia diawali dengan penemuan pertama molekul enzim, diastase, pada tahun 1833 oleh Anselme Payen.Tahun 1828, Friedrich Wöhler menerbitkan sebuah buku tentang sintesis urea, yang membuktikan bahwa senyawa organik dapat dibuat secara mandiri.
Penemuan ini bertolak belakang dengan pemahaman umum pada waktu itu yang meyakini bahwa senyawa organik hanya bisa dibuat oleh organisme.Istilah biokimia pertama kali dikemukakan pada tahun 1903 oleh Karl Neuber, seorang kimiawan Jerman.Sejak saat itu, biokimia semakin berkembang, terutama sejak pertengahan abad ke-20, dengan ditemukannya teknik-teknik baru seperti kromatografi, difraksi sinar X, elektroforesis, RMI (nuclear magnetic resonance, NMR), pelabelan radioisotop, mikroskop elektron, dan simulasi dinamika molekular.Teknik-teknik ini memungkinkan penemuan dan analisis yang lebih mendalam berbagai molekul dan jalur metabolik sel, seperti glikolisis dan siklus Krebs.Perkembangan ilmu baru seperti bioinformatika juga banyak membantu dalam peramalan dan pemodelan struktur molekul raksasa.
Saat ini, penemuan-penemuan biokimia digunakan di berbagai bidang, mulai dari genetika hingga biologi molekular dan dari pertanian hingga kedokteran.Penerapan biokimia yang pertama kali barangkali adalah dalam pembuatan roti menggunakan khamir, sekitar 5000 tahun yang lalu.

Peranan Biokimia Bagi Ilmu Pengetahuan Kehidupan (Hubungan antara Biokimia dengan Ilmu Lainnya)

  • Kimia Organik yang mempelajari sifat-sifat biomolekul.
  • Biofisika, yang memanfaatkan teknik-teknik fisika untuk mempelajari struktur biomolekul.
  • Nutrisi, yang memanfaatkan pengetahuan tentang metabolisme untuk menjelaskan kebutuhan makanan bagi mahluk hidup mempertahankan kehidupan normalnya.
  • Kesehatan, yang mencari pemahaman tentang keadaan sakit dari sudut pandang molekular.
  • Mikrobiologi, yang menunjukkan bahwa organisme sel tunggal dan virus cocok untuk digunakan sebagai sarana mempelajari jalur-jalur metabolisme dan mekanisme pengendaliannya.
  • Fisiologi, yang mempelajari proses kehidupan pada tingkat jaringan dan organisme.
  • Biologi sel, yang mempelajari pembagian kerja biokimia dalam sel.
  • Genetika, yang mempelajari mekanisme penyusunan identitas biokimia sel.

Manfaat bologis dari sudut pandang kimia
pemahaman wujud serta manfaat biologis dari sudut pandang kimia mempunyai tujuan untuk mengerti hubungan molekul-molekul tidak hidup yang membuahkan fenomena kompleks serta efektif sebagai tanda-tanda kehidupan dan menjelaskan keseragaman kimia dari kehidupan yang bermacam.

  • susunan kimia serta wujud tiga dimensi molekul biologi
  • hubungan antar biomolekul
  • sintesis serta degradasi biomolekul didalam sel
  • dapatkanan serta pemakaian daya oleh sel
  • mekanisme pengorganisasian biomolekul serta pengkoordinasian aktifitasnya
  • penyimpanan, perpindahan serta ekspresi info genetika pengertian biokimia adalah

Jalinan biokimia dengan pengetahuan lain :

  • kimia organik yang pelajari karakter-sifat biomolekul.
  • biofisika, yang memakai tehnik-teknik fisika untuk pelajari susunan biomolekul.
  • nutrisi, yang memakai pengetahuan perihal metabolisme untuk menjelaskan keperluan makanan untuk mahluk hidup menjaga kehidupan wajarnya.
  • kesehatan, yang melacak pemahaman perihal situasi sakit dari sudut pandang molekular.
  • mikrobiologi, yang tunjukkan bahwa organisme sel tunggal serta virus pas untuk dipakai sebagai fasilitas pelajari jalur-jalur metabolisme serta mekanisme pengendaliannya.
  • fisiologi, yang pelajari sistem kehidupan pada tingkat jaringan serta organisme.
  • biologi sel, yang pelajari pembagian kerja biokimia didalam sel.
  • genetika, yang pelajari mekanisme penyusunan identitas biokimia sel.

untuk berikan pemahaman tentang konsep-konsep basic yang berlangsung didalam beragam sistem didalam kehidupan, maka diberikanlah modul pengantar biokimia yang dibagi jadi empat mata ajaran utama yakni :

protein : protein adalah makromolekul terbanyak didalam makhluk hidup serta memiliki beragam fungsi mutlak. protein terutama yaitu enzim yang disebut biokatalisator didalam sel. disamping itu protein juga berperan sebagai alat transport ( hemoglobin ), alat pertahanan tubuh ( antibodi ), hormon, dan sebagainya.
dna serta ekspresigenetik dna. dna memiliki kandungan info genetik yang lantas disalin serta diterjemahkan hingga dibentuk asam amino yang lantas jadi protein. juga dibicarakan tentang dna rekombinan, rekayasa genetik serta proyek human genome
membran serta komunikasi antar sel. tiap-tiap sel makhluk hidup dibungkus oleh membran yang mengakibatkan isi sel tidak bercampur dengan luar sel. meskipun dilapisi oleh membran, terus berlangsung hubungan pada sel yang satu dengan sel yang lain dikarenakan ada komunikasi antar sel yang diperantarai oleh beragam caraka kimia serta reseptornya pada membran serta diteruskan dengan beragam sistem didalam sel.
transduksi daya serta metabolisme. metabolisme mengulas bagaimana caranya terbentuk daya ( atp ) didalam bioenergetika. juga dibicarakan tentang bagaimana caranya makromolekul yang didapatkan dari makanan bisa diolah jadi mikromolekul hingga bisa dipakai tubuh untuk membuahkan daya. juga dibicarakan bagaimana makromolekul bisa dibentuk didalam tubuh dari prekursornya beserta sistem pengaturannya serta enzim-enzim yang bertindak. disamping itu, dibicarakan juga tentang metabolisme non-nutrien, layaknya nukleotida, porfirin serta xenobiotik.

Biokimia adalah ilmu yang mempelajari proses kimia dalam organisme hidup. Biokimia mengatur semua organisme hidup dan proses hidup. Dengan mengontrol arus informasi melalui sinyal biokimia dan aliran energi kimia melalui metabolisme, proses biokimia menimbulkan fenomena yang tampaknya magis kehidupan.Sebagian besar berkaitan biokimia dengan struktur dan fungsi komponen seluler seperti protein, karbohidrat, lipid, asam nukleat, dan biomolekul lainnya meskipun semakin proses, bukan molekul individu fokus utama. Selama 40 tahun terakhir biokimia telah menjadi begitu sukses dalam menjelaskan proses hidup yang sekarang hampir semua bidang ilmu kehidupan dari botani untuk obat yang terlibat dalam penelitian biokimia. Hari ini fokus utama biokimia murni adalah memahami bagaimana molekul biologis menimbulkan proses-proses yang terjadi dalam sel-sel hidup yang pada gilirannya sangat berhubungan dengan studi dan pemahaman seluruh organisme.

Di antara sejumlah besar biomolekul yang berbeda, banyak yang kompleks dan molekul besar (polimer disebut), yang terdiri dari subunit berulang serupa (disebut monomer).Setiap kelas biomolecule polimer memiliki seperangkat jenis subunit yang berbeda. [1] Sebagai contoh, protein merupakan polimer subunit yang dipilih dari satu set 20 atau lebih asam amino. Biokimia studi sifat kimia dari molekul hayati yang penting, seperti protein, dan khususnya reaksi kimia enzim-katalis.

Biokimia metabolisme sel dan sistem endokrin telah banyak dijelaskan.daerah lain biokimia termasuk kode genetik (DNA, RNA), sintesis protein, angkutan membran sel, dan transduksi sinyal.

Sumber:http://id.shvoong.com/exact-sciences/biology/2100406-pengertian-biokimia/#ixzz2PgDEQouB

Advertisements